Pengobatan Kuku Tumbuh Ke Dalam (Onychocryptosis)

Apabila penyakit kuku tumbuh ke dalam masih dalam tahap awal, maka segera lakukan perawatan di rumah untuk mencegah perlunya operasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan perawatan di rumah sebagaimana yang direkomendasikan oleh eMedicineHealth.com:
  • Rendam kaki yang sakit di dalam air hangat empat kali sehari selama 10 hingga 15 menit setiap kali direndam. Anda tidak perlu menambahkan sabun antibakteri (seperti dettol, dsb), garam, ataupun obat anti-bakteri apapun. Cukup direndam dalam air hangat saja.
  • Bersihkan kaki, termasuk area yang terinfeksi, dengan sabun anti-bakteri dan air dua kali sehari. Jagalah kaki tetap bersih dan kering setiap harinya.
  • Jangan gunakan sepatu berhak tinggi atau sepatu yang sempit. Pertimbangkanlah untuk selalu menggunakan sandal yang bersih, hingga sakitnya benar-benar sembuh.
  • Cobalah untuk mengangkat sudut kuku yang menusuk ke dalam kulit. Ambil sepotong kecil kapas atau kasa dan gulung antara jari-jari Anda untuk membentuk sebuah gulungan kecil atau sumbu. Kemudian tempatkan gulungan antara kuku dan kulit agar tetap ditinggikan. Ini menyakitkan, tetapi adalah bagian paling penting dari perawatan di rumah. Setiap setelah perendaman, cobalah untuk mendorong gulungan sedikit lebih jauh hingga masuk ke dalam. Ganti gulungan setiap hari. Ini mungkin memakan waktu dari tujuh sampai 15 hari untuk kuku untuk tumbuh keluar sehingga tidak menyodok ke kulit lagi.
  • Anda dapat meminum obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin).
  • Jika Anda tidak melihat perkembangan dalam jangka waktu tiga hari, segera hubungi Dokter.
Gambar perawatan dengan memasukkan gulungan kapas untuk mengangkat bagian tajam kuku yang menusuk kulit jempol kaki:


Jika tidak ada infeksi akut yang ditemukan, maka pengobatan yang konservatif dianjurkan. Ini terdiri dari berendam di air hangat, sepatu yang tepat, dan selalu menjaga kebersihan kuku.

Kadang-kadang, dokter Anda akan memilih untuk menggunakan pelat pemisah untuk mengangkat sudut kuku yang tajam. Beberapa jenis pemisah dapat digunakan. Jenisnya bervariasi, tetapi mereka semua fungsinya melindungi kulit dari sudut tajam kuku. Beberapa jenis yang paling umum dari splints (pemisah) adalah sumbu kapas, strip plastik, tabung plastik di sisi kuku, dan berbagai zat seperti lem (resin).

Kadang-kadang, dokter mungkin mencoba untuk memotong kuku dalam rangka untuk mengubah bentuk kuku yang menancap ke dalam. Sepotong plastik keras juga dapat ditempelkan ke kuku untuk membantu tumbuh keluar datar dan dalam garis lurus.

Jika ada jaringan ekstra telah berkembang di sekitar daerah yang meradang kulit, dokter Anda akan menghilangkan jaringan tambahan tersebut agar membantu lebih cepat sembuh. Dokter akan membius daerah yang tumbuh jaringan sebelum operasi pengangkatan jaringan.

2 komentar:

  1. Sekarang ada alternatif penanganan ingrown-nail dengan menggunakan semacam "begel kuku" (nail-brace), diproduksi di Jerman oleh seorang penemu bernama Bernd Stolz (merk : B/S Spange atau B/S Brace). Dengan aplikasi eksternal, tanpa operasi. Di Indonesia juga sudah ada yang memasarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas info tambahannya, semoga bermanfaat bagi yang sedang mengalami keluhan seperti ini.. :)

      Hapus