Cara Menghilangkan Kuku Tumbuh Ke Dalam (Onychocryptosis) *Dengan Gambar*

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan atau menyembuhkan kuku yang tumbuh ke dalam atau bahasa medisnya onychocryptosis, diantaranya adalah dengan memasukkan kapas yang telah diolesi atau direndam dengan anti-germ (antibacteria) ke dalam bagian kuku yang sakit, ini harus dilakukan secara bertahap, fungsinya untuk mengangkat bagian kuku yang tajam menusuk ke dalam jempol kaki. Seperti yang terlihat di bawah ini:


Sebelum memasukkan kapas steril ke dalam kuku, rendamlah kaki Anda di dalam air hangat yang telah diberi garam epsom (Magnesium Sulfate Heptahydrate) yang fungsinya untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Epsom salt ini dapat dibeli di apotik. Selain untuk melenyapkan bakteri, fungsi dari perendaman itu sendiri adalah membuat kuku menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dimasukkan kapas penyangga.

Selain dari kapas, bisa juga menggunakan pipa dari plastik keras untuk membuat penyangga yang memisahkan bagian kuku yang tumbuh ke dalam dengan kulit, kemudian menaburkan obat serbuk seperti misalnya enbatic untuk melawan infeksi. Seperti gambar di bawah ini:


Anda dapat meminum penghilang rasa sakit (painkiller) seperti misalnya Acetaminophen untuk meredakan rasa nyeri berdenyut yang diderita.

Jika Anda masih ragu untuk melakukan perawatan di rumah, maka segera pergi ke dokter (bisa dokter umum atau dokter kulit) untuk mendapat konsultasi dan perawatan medis yang tepat.

3 komentar:

  1. saya juga mengalami sakit di jempol...n kayaknya jempolnya sobek..apa itu cantengan ya?

    beli obat serbuk enbatic dimana ya mba?

    BalasHapus
  2. Kuku jempol saya tumbuh kedalam, bahkan hingga tumbuh kulit baru yg menutupi, karena awal nya saya pikir akan sembuh sendiri saya biarkan hingga sekarang berdarah, bagaimana saran nya

    BalasHapus
  3. Kuku jempol saya tumbuh kedalam, bahkan hingga tumbuh kulit baru yg menutupi, karena awal nya saya pikir akan sembuh sendiri saya biarkan hingga sekarang berdarah, bagaimana saran nya

    BalasHapus