Onychocryptosis atau Kuku Tumbuh Ke Dalam

Onychocryptosis (dari bahasa Yunani ὄνυξ onyx "kuku" + κρυπτός Kryptos "tersembunyi"), juga dikenal sebagai "kuku tumbuh ke dalam", atau unguis incarnatus adalah bentuk umum dari penyakit kuku. Ini adalah kondisi yang seringkali sangat menyakitkan di mana kuku tumbuh memotong ke dalam satu atau kedua sisi paronychium atau "bantalan kuku". Penyakit ini hanya ditemukan sejak manusia mengenal budaya memakai sepatu dan belum terjadi ketika orang-orang masih bertelanjang kaki. Hal tersebut dikarenakan penyebab utama penyakit ini adalah tekanan ke bawah pada kuku oleh sepatu yang terlalu sempit.

Biasanya yang terjadi adalah kuku tumbuh ke bagian dalam jempol kaki dan masuk ke dalam paronychium (bantalan kaki), tetapi terkadang hanya kuku yang tumbuh menembus kulit jempol kaki. Kondisi ini dimulai dari peradangan yang disebabkan oleh sejenis mikroba di dalam paronychium tersebut, kemudian ke granuloma, dan hasilnya adalah kuku tertancap di dalam granuloma. Penyakit "kuku tumbuh ke dalam" ini bisa terjadi pada kedua kuku tangan dan kaki, tetapi terjadi paling sering kepada kuku kaki.

Gejala:

  • Rasa sakit sepanjang tepi kuku (yang disebabkan oleh hypergranulation yang terjadi di sekitar daerah tersebut),
  • Memburuknya nyeri saat mengenakan sepatu ketat, kepekaan terhadap tekanan apapun, bahkan berat badan.
  • Tekanan apapun pada kuku yang sedang menderita penyakit ini dapat menyebabkan nyeri karena jaringan yang terus menerus ditusuk oleh kuku.

Dalam kondisi tersebut, kuku yang tumbuh ke dalam menjadi mudah terinfeksi kecuali perawatan khusus diambil untuk mengobati lebih awal dan menjaga daerah yang terinfeksi tetap bersih.
Tanda-tanda infeksi adalah kemerahan dan pembengkakan daerah sekitar kuku, drainase nanah, dan diwarnai debit berair dengan darah. Gejala utama adalah pembengkakan di dasar kuku di sisi kuku yang tumbuh ke dalam (mungkin kedua sisi kuku).


Baiklah, mari kita bahas satu persatu.. Gek Febri, baca ini baik-baik ya...

Ikhtisar

Sebuah kuku tumbuh ke dalam, juga dikenal sebagai onychocryptosis atau unguis incarnatus, adalah kondisi yang menyakitkan dari jari kaki. Ini terjadi ketika sudut tajam kuku tumbuh dan masuk ke dalam kulit di ujung atau samping jari kaki. Pertama-tama, terjadi rasa sakit dan peradangan di tempat di mana kuku tumbuh ke dalam kulit terjadi. Kemudian, daerah yang meradang akan tumbuh jaringan tambahan atau mengeluarkan cairan kekuningan.
  • Jika tidak diobati, sebuah kuku tumbuh ke dalam dapat berkembang menjadi infeksi atau bahkan abses yang membutuhkan perawatan bedah. Osteomielitis merupakan komplikasi yang jarang terjadi dari kaki yang terinfeksi, di mana tulang di bagian itu sendiri menjadi ikut terinfeksi.
  • Kuku kaki tumbuh ke dalam biasa terjadi pada orang dewasa dan remaja, tetapi jarang terjadi pada anak-anak dan bayi. Mereka lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria, dikarenakan kebiasaan wanita muda mengenakan sepatu hak tinggi dan berujung lancip. Dewasa muda berusia 20-an atau 30-an adalah usia yang paling berisiko terkena penyakit ini.
  • Kondisi ini biasanya ditemukan pada jempol kaki.

Perawatan Medis

Ketika sebuah kuku tumbuh telah berkembang menjadi infeksi (drainase, demam, kulit lebih ringan dikelilingi oleh kulit merah, atau memburuk nyeri dan bengkak), segera temui dokter.
  • Dokter akan memutuskan apakah infeksi telah terjadi atau tidak dan sebagaimana agresif tindakan yang diambil untuk mengobatinya.
  • Dokter akan mengevaluasi kuku tumbuh ke dalam Anda dengan bertanya bagaimana masalah berkembang (jika ada cedera, kapan gejalanya dimulai) dan tentang masalah medis lainnya, obat, alergi, dan imunisasi tetanus terbaru.
  • Pemeriksaan fisik akan meliputi suhu memeriksa, denyut nadi, dan tekanan darah, pemeriksaan rinci kaki, kuku, dan kelenjar getah bening di selangkangan, dan mungkin X-ray kaki.
  • Tes darah dapat dilakukan jika Anda memiliki infeksi parah atau riwayat diabetes.

asd

1 komentar:

  1. Makasih infonya gan


    ini saya bagikan sedikit info mengenai materi sma

    http://ilmu-pengetahuan-umum2015.blogpsot.com

    BalasHapus