Warna Ungu

Ungu adalah warna diantara merah dan biru. Dalam tambahan kombinasi cahaya, ungu muncul dari perpaduan antara warna dasar merah dan biru dalam berbagai variasi proporsional. Ungu menjadi warna sekunder karena penggabungan merah dan biru yang menyusunnya. Dalam pigment subtraktif ungu bisa menjadi sama dengan warna dasar magenta atau dengan memadukan magenta bersama merah dan biru, dengan menggabungkan ketiganya, dalam hal warna warni dengan cahaya saturasi rendah. Saturasi rendah juga dapat menyebabkan kualitas tertentu bagi warna primer ketiga (hijau untuk cahaya atau kuning untuk pigment).


Dalam teori warna, ungu dijelaskan sebagai warna non-spektrum diantara violet dan merah (dengan mengecualikan warna violet dan merah itu sendiri). Warna spektrum ungu dan indigo adalah bukan ungu sebagaimana teori spektrum tapi dalam bahasa inggris yang lazim digunekan, mereka dinyatakan sebagai warna ungu.

Dalam dunia seni, ungu adalah warna diantara magenta dan violet berikut corak dan bayangannya. Warna berikut ini adalah ungu elektrik.


Dalam psikologi manusia, ungu diasosiasikan dengan kemewahan, kesetiaan, kerendahan hati (dikutip dari kebiasaan klasik zaman dahulu ketika warna ungu hanya diperbolehkan untuk kalangan elite saja).
sebagaimana dikutip dari: Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar